Mencari Informasi Lainnya

Rabu, 27 April 2011

MACAM-MACAM RAMUAN

Macam-macam Ramuan
Dalam pelajaran Potion, kita akan belajar tentang macam-macam ramuan dan efeknya, serta tumbuhan-tumbuhan yang beracun. Nah, berikut beberapa jenis ramuan dan tumbuhan yang dipelajari dalam pelajaran Potion :
A
1. Acronite : tanaman yang sangat beracun. Acronite sering juga disebut sebagai wolfsbane dan monkshood karena bentuknya yang menyerupai tudung seorang rahib.

2. Acromantula Venom (Bisa Aromantula) : sangat sulit didapatkan dari Acromantula yang masih hidup, oleh karena itu, biasanya diambil dari acromantula yang sudah mati (sesaat setelah kematiannya). Acromantula ini harganya cukup mahal, sekitar 100 galleon per takarannya.

3. Ageing Potion (Ramuan Penua) : ramuan yang dapat menyebabkan si peminum menjadi beberapa tahun lebih tua dari usia aslinya. Hal ini tergantung pada jumlah ramuan yang diminumnya, semankin banyak yang diminum, maka pertambahan usianya akan semakin banyak.

4. Amortentia (Ramuan Cinta) : merupakan ramuan cinta yang paling kuat di dunia. Ramuan ini memiliki warna yang menyerupai mutiara yang berkilau. Amortentia akan mengeluarkan bau yang berbeda bagi setiap orang, tergantung pada hal yang membuat orang tersebut tertarik.

5. Antidotes (Penawar Racun) : penawar racun dibuat dari bahan yang berbeda-beda, tetapi biasanya terbuat dari mandrake. Contoh Antinodes adalah bezoar yang merupakan penawar bagi hampir setiap jenis racun. Deflating Draught (Ramuan Pengempis) yang digunakan sebagai penawar Swelling Solution (Ramuan Pembengkak).

6. Armadillo Bille (Empedu Armadillo) : Digunakan sebagai salah satu bahan ramuan penajam otak (Wit-Sharpening Potion).

7. Ashwinder eggs, frozen (Telur Ashwinder yang sudah beku) : dapat digunakan sebagai bahan Amortentia, atau dimakan bulat-bulat sebagai obat demam malaria. Telur Ashwinder yang hangat bisa berbahaya karena berpotensi untuk membakar sesuatu.
8. Ashpodel : Akarnya digunakan sebagai bahan Tegukan Hidup Bagai Mati (Draught of Living Death). Tanaman ini biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan alam bawah dan dunia setelah kematian.

B
1. Babbling Beverage (Minuman Meracau) : Membuat si peminum berbicara tidak masuk di akal.

2. Beautifying Potion/Beautification Potion (Ramuan Penambah Kecantikan) : Membuat si peminum lebih terlihat menarik di setiap penampilannya.

3. Belch powder (Bubuk Sendawa) : Kemungkinan dapat menyebabkan si peminum terus menerus bersendawa. Dijual di Toko Lelucon Zonko's.

4. Belladonna : Sari tanaman ini dapat dijadikan sebagai bahan alat-alat ramuan standar milik siswa.

5. Bezoar : Seperti "batu" ginjal kisut yang berasal dari perut kambing, dapat digunakan untuk menangkal hampir semua racun.

6. Bicorn parts : Tanduknya digunakan untuk Ramuan Polijus.

7. Blood-Replenishing Potion (Ramuan Penambah-Darah) : Digunakan untuk menambah darah.

8. Boil cure potion (Ramuan Penyembuh Bisul) : Bahan-bahannya adalah jelatang yang sudah dikeringkan, taring ular yang sudah diremukkan, siput bertanduk yang sudah direbus, dan bulu landak yang dimasukkan setelah api dipadamkan. Diajarkan di tahun pertama.

9. Boomslang parts : Parutan kulitnya digunakan untuk membuat Polyjuice potion.

10. brush-healing paste (Krim Penyembuh Memar) : Berwarna kuning dan berbentuk pasta, digunakan untuk menyembuhkan memar.

11. Bubotuber : Digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Warnanya kekuningan dan baunya seperti bensin.

12. Bulbadox Powder (Bubuk Bulbadox) : Menimbulkan bisul dari kulit orang yang menyentuhnya.

13. Bundimun secretion (Ekstrak Bundimun) : Digunakan untuk alat dan bahan pembersih sihir.

14. burn-healing paste (Krim Penyembuh Luka Bakar) : Digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, warnanya oranye.

C
1. Calming draught (Ramuan Penenang) : Digunakan untuk menenangkan emosi si peminum.

2. caterpillars (ulat bulu) : Irisannya dapat digunakan untuk Cairan Penyusut (Shrinking Solution).

3. cleaning solutions, magical (Cairan Pembersih Sihir) : Digunakan untuk membersihkan segala sesuatu dengan cara sihir.

4. cockroaches (Kecoak) : Di Britania, juga bisa dikenal sebagai 'kumbang hitam'. Mata kumbang hitam dijual di apotik di Diagon Alley dengan harga lima Knut per sekop. (Note: Snape menyimpan kumpulan kecoak mati di dalam toples di kantornya)

5. Confusing Concoction (Ramuan Bingung) : Untuk membuat si peminum menjadi bingung.

6. Confusing & Befuddlement Draught : Efeknya sama dengan Confusing Concoction. Bahan-bahannya adalah seezewort, scurvy grass, dan lovage.

7. Cough Potion (Ramuan Penyembuh Batuk) : Kemungkinan efeknya untuk menyembuhkan batuk.

8. crocodile parts (bagian dari buaya) : Digunakan untuk memperkental rasa pahit suatu ramuan.


D
1. Daisy : Irisan akar daisi digunakan di Cairan Penyusut (Shrinking Solution).

2. Deflating Draught (Ramuan Pengempis) : Ramuan penangkal untuk Swelling Solution (Ramuan Pembengkak).

3. Dragon eggs (telur naga) : Telur Antipodean Opaleye yang berwarna abu-abu seringkali disalahgunakan sebagai fosil oleh para muggle. Dan bubuk Chinese Fireball (Bola Naga Cina) digunakan sebagai bahan ramuan.
4. Draught of Living Death (Tegukan Hidup Bagai Mati) : Bahannya termasuk asphodel yang dituang ke dalam wormwood, akar valerian, dan kacang sopophorous. Efeknya menyebabkan si peminum tertidur pulas. Diajari di kelas enam, instruksinya dapat ditemui di halaman 10 Pembuatan Ramuan Tingkat-Lanjut (Anvanced Potion Making), tetapi ada yang salah dengan cara mengambil sari kacang sopophorousnya (harusnya dikeprek). Kacangnya dimasukkan setelah tujuh kali pengadukan berlawanan jarum jam. Bila sudah masak, maka uapnya akan berwarna kebiruan. Warna idealnya setelah setengah jalan pembuatan adalah sewarna blackcurrant, yaitu ungu pekat. Dan setelah pembuatannya sudah selesai, warnanya akan berubah menjadi sewarna lilac dan pada akhirnya, "jernih seperti air".

5. Draught of Peace (Tegukan Kedamaian) : Bahannya termasuk bubuk moonstone dan cairan hellebore. Efeknya memberikan ketenangan bagi si peminum. Merupakan standar OWL.

E
1. Euphoria, an Elixir to Induce : Bahannya termasuk tangkai peppermint. Menyebabkan euforia untuk si peminum dengan efek samping menyanyi berlebihan dan hidung yang berlebihan (kemungkinan disebabkan oleh peppermint).

F
1. Felix Felicis : Felix dan felicis dalam Latin berarti "keberuntungan". Ada juga yang menyebutnya Liquid Luck. Bahan-bahannya tidak diketahui. Membuat si peminum selalu beruntung dalam segala kesempatan. Satu teguk saja sudah membuahkan hasil yang besar, dan jika diminum dalam dosis yang berlebihan, akan mengakibatkan banyak efek samping berlebihan juga seperti pusing, makin ceroboh, dan terlalu percaya diri. Warnanya seperti cairan emas. Cairannya yang ditampung dalam botol paling kecil bisa digunakan sampai 12 jam. Felix Felicis tidak bisa digunakan dalam suatu pertandingan, misalnya pertandingan olahraga atau ujian.

2. Fever Fudge (Permen Demam) : Bahannya termasuk esens murtlap.

3. Fire Protection Potion (Ramuan Proteksi Api) : Melindungi si peminum dari bahaya terbakar api sihir.

4. Flobberworm parts (Bagian dari cacing flobber) : Lendirnya digunakan untuk mengentalkan ramuan.

5. Fluxweed : Isanthus brachiatus, termasuk dari mint famili, dikenal juga sebagai "false pennyroyal" (pennyroyal adalah tanaman dari famili mint lainnya). Fluxweed berasal dari Amerika bagian timur dan merupakan tanaman yang terancam punah di beberapa daerah. "Flux" artinya 'berubah', yang mana ini digunakan sebagai bahan Ramuan Polijus ketika tanamannya diambil pada saat bulan purnama.

6. Forgetfulness Potion (Ramuan Pelupa) : Efeknya tidak begitu jelas, kemungkinan membuat si peminum lupa akan sesuatu.

G
1. Garrotting Gas (Gas pencekik) : Uap tak terlihat yang membuat orang yang menghirupnya menjadi tak sadarkan diri.

2. ginger (jahe) : Potongan akar jahe digunakan di Ramuan Penajam Otak (Wit-Sharpening Potion).

3. Glumbumble parts : Cairannya yang menyebabkan kemurungan, dan itu digunakan sebagai penangkal racun untuk efek orang yang memakan daun Alihotsy.

4. Graphorn parts : Bubuk tanduknya digunakan sebagai bahan ramuan.

H
H
1. Hair-Raising Potion (Ramuan penumbuh rambut) : Bahannya termasuk buntut tikus, efek utamanya tidak diketahui jelas.

2. Hate Potion (Ramuan membenci) : Mengungkapkan kesalahan dan kebiasaan terburuk oleh target dari si peminum.

3. Hellebore : Ada beberapa jenis dari hellebore. Hellebore adalah tanaman beracun. Di beberapa kepercayaan, hellebore dipercaya sebagai obat untuk mencuci perut, biasanya untuk hal yang buruk, juga digunakan untuk melindungi ternak dari mantra-mantra jahat, selain itu digunakan untuk membuat orang tak kelihatan.

4. Hiccuping Solution (Cairan Cegukan) : Efek jelasnya tidak diketahui, tapi kemungkinan menyebabkan si peminum cegukan atau tersedak.

5. Horned slugs (siput bertanduk) : Digunakan di ramuan penyembuh bisul.

6. Horned toads (katak bertanduk) : Untuk menakut-nakuti anak yang sedang terkena detensi.

I
1. Instant Darkness Powder (Bubuk Kegelapan Instant) : Jika ditebarkan di udara, maka akan membuat kabut gelap sehingga mantra-mantra yang sedang dilancarkan tidak akan bekerja di area tersebut, meskipun Tangan Kemuliaan (Hand of Glory) bisa.

2. Invigoration Draught (Ramuan Penyegar) : Efek utamanya tidak diketahui, tapi kemungkinan menyegarkan si peminum.

J
1. Jobberknoll parts : Bulunya digunakan di Ramuan Ingatan (Memory Potions) dan Serum Kebenaran (Truth Serums).

K
2. Knotgrass : Digunakan di Ramuan Polijus.

L
1. Lacewing flies (sayap lacewing) : Digunakan di Ramuan Polijus.

2. leeches (lintah) : Digunakan bulat-bulat di Ramuan Polijus. Sarinya digunakan di Ramuan Penyusut (Shrinking Solution)

3. Life, Elixir of (Ramuan Abadi) : Bahannya kemungkinan diperoleh dari Batu Bertuah. Ramuan ini dapat memperpanjang umur, tetapi jika si peminum mengonsumsinya dengan takaran besar, maka dia bisa hidup abadi. Nicolas Flamel dan istrinya hidup sampai 650 tahun dengan meminum ramuan ini. Orang yang tergantung pada ramuan ini bisa meninggal bila suplai ramuannya hilang atau tercemar.

4. Lionfish parts : Durinya digunakan sebagai bahan dari alat-alat ramuan sederhana siswa.

5. Lovage : Levisticum officinale, tumbuhan dari famili wortel yang berasal dari bagian selatan Eropa tapi lebih diperkenalkan di Amerika Utara. Kemungkinan digunakan sebagai bahan Confusing and Befuddlement Draught.

M
1. Mandrake Draught (Cairan Mandrake) : Bahannya Mandrake dewasa, digunakan untuk menyembuhkan orang yang Membeku. Kemungkinan cara pemakaiannya dengan mengolesi cairan ini ke kulit si korban.

2. Memory Potion (Ramuan Ingatan) : Bahannya termasuk bulu Jobberknoll. Efeknya tidak diketahui, tetapi merujuk ke Jobberknoll, kemungkinan untuk meningkatkan daya ingat si peminum.

3. Monkshood : Nama lain dari aconite (dan juga wolfsbane).

4. Moonstone : Digunakan dalam banyak ramuan, termasuk Cairan Kedamaian (Draught of Peace), terkadang digunakan dalam bentuk bubuk. Warna batunya berbeda-beda, kemungkinan efek sihirnya dapat membuat seseorang mendapatkan keselarasan emosi.

5. Mrs. Scower's Magical Mess Remover (Pembersih Segala Jenis Kotoran Mrs. Scower) – ramuan : Merupakan produk pembersih sihir. Scower adalah homonim 'scour' yang artinya 'membersihkan/menggosok'.

6. Murtlap Essence (Sari Murtlap) : Meredakan dan menyembuhkan luka-luka sederhana. Diambil dari tentakel Murtlap, berwarna kuning.

N
1. Nettles (jelatang) : Digunakan di Ramuan Penyembuh bisul (boil-cure potion). Juga dipanen di Queerditch Marsh sebagai teh jelatang.

2. Newt : Digunakan sebagai bahan ramuan yang ditemukan pada saat seorang finalis Turnamen Triwizard jaman baheula sedang mencari bahan untuk tugas keduanya.

O
1. Oblivious Unction, Dr. Ubbly's : Digunakan untuk menyembuhkan luka lecet.

P
1. Peppermint : Digunakan di Elixir to induce Euphoria.

2. Pepperup Potion : Menyembuhkan kedinginan.

3. Photograph potions : Jika muggle normal menggunakannya, maka gambar pada kameranya dapat bergerak-gerak.

4. Polyjuice potion : Bahannya adalah sayap lacewing yang direbus selama 21 hari, lintah, bubuk tanduk bicorn, knotgrass, fluxweed yang diambil pada malam bulan purnama, parutan kulit boomslang, dan bagian dari orang yang ingin dijelmakan. Efeknya untuk membuat si peminum terlihat persis seperti orang lain. Satu dosis untuk satu jam, namun bisa diperpanjang. Penjelasan buku ini terdapat di buku Monste Potente Potions. Warna sebelum bagian dari orang lain dimasukkan, berwarna gelap menggumpal dan menggelembung lambat. Setelah bagian dari orang itu ditambahkan, warnanya akan sesuai dengan orang tersebut, variatif.

5. pomegranate (delima) : Digunakan di Strengthening Solution.

6. porcupine parts : bulunya digunakan di ramuan penyembuh bisul (boil-cure potion).

7. puffer-fish parts : Matanya digunakan untuk Ramuan Pembengkak (Swelling Solution).

Q
1. Quodpot solution : Digunakan di game Quodpot untuk mencegah Quodnya meledak.

R
1. Rat parts : Limpanya digunakan di Ramuan Penyusut (Shrinking Solution), dan buntutnya digunakan di Ramuan Penumbuh Rambut (hair-raising potion).

2. Re'em blood (Darah re'em) : Darahnya membuat si peminum merasa kuat.

3. Runespoor eggs (telur runespoor) : Telurnya digunakan untuk meningkatkan kekuatan mental. Karena runespoor merupakan spesies yang dilindungi, telurnya hanya bisa dijualbelikan di pasar-pasar gelap.

S
1. Salamander parts : Darahnya digunakan di Strengthening Solution.

2. Scarab beetles (kumbang) : Hancurannya digunakan di Ramuan Penajam-Otak (Wit-Sharpening Potion).

3. Scurvy grass : Merupakan tanaman pesisir laut dengan empat daun bunga putih yang menyilang, digunakan oleh para pelaut untuk mencegah sariawan perut. Kemungkinan digunakan untuk Confusing and Befuddlement Draught.

4. Shrinking Solution/Shrinking Potion (Cairan Penyusut) : Bahannya adalah potongan akar daisy, shrivelfig yang sudah dikuliti, potongan ulat bulu, satu limpa tikus, dan jus lintah. Efeknya untuk menyusutkan si peminum. Jika terlalu banyak memasukkan limpa tikus atau jus lintah akan membuat ramuannya berubah warna menjadi oranye yang mana seharusnya menjadi hijau terang; membuat ramuannya gagal akan menjadikan ramuan ini beracun.

5. Skele-Gro : Untuk menumbuhkan tulang, efeknya bekerja selama delapan jam dan prosesnya akan sangat menyakitkan.

6. Sleekeazy's Hair Potion : Digunakan untuk menata rambut.

7. Sleeping Draught (Ramuan penidur) : Efeknya adalah untuk membuat si peminum tertidur lelap.

8. Snake parts : Taringnya digunakan untuk ramuan penyembuh visul (boil-cure potion).

9. Sneezewort : Seperti tanaman berbunga putih, bubuk daunnya dapat menyebabkan bersin-bersin. Kemungkinan digunakan untuk Confusing and Befuddlement Draught.

10. Sopophorous : Digunakan di Tegukan Hidup Bagai Mati (Draught of Living Death).

11. Strengthening Solution : Bahannya termasuk darah salamander, dan kemungkinan jus delima. Efeknya tidak diketahui, kemungkinan untuk meningkatkan kekuatan si peminum.

12. Swelling Solution (Ramuan Pembengkak) : Bahannya termasuk mata puffer-fish. Efeknya membuat sesuatu membesar.

T
1. Truth Potion/Serum (Serum Kebenaran) : Bahannya bisa termasuk bulu Jobberknoll. Membuat seseorang menyatakan kebenaran.

U
1. Unctuous unction, Gregory's : Bahannya tidak diketahui. Membuat si peminum menjadi teman si pemberi ramuan. Ditemukan oleh Gregory the Smarmy.

2. Unicorn parts : Darahnya berwarna biru kesilveran jika dipantulkan oleh sinar bulan, kemungkinan akan bersinar di kegelapan. Darahnya membuat si peminum bisa hidup abadi. Tanduknya dijual di apotik di Diagon Alley, harganya 21 galleon per tanduk. Buntutnya digunakan untuk menyembuhkan binatang lain, harganya 10 galleon per buntut.

V
1. Valerian : Akarnya digunakan di Tegukan Hidup Bagai Mati (Draught of Living Death).

2. Veritaserum : Veritas dalam Latin berarti kebenaran. Serum Kebenaran yang paling ampuh, dengan warna seperti air biasa, dan dapat membuat si peminum mengungkap kebenarannya. Tiga tetes aja dapat membuat si peminum menguak rahasia terbesarnya.

W
1. Wartcap Powder (Bubuk Wartcap) : Membuat kulit yang menyentuhnya jadi kapalan.

2. Wit-Sharpening Potion (Ramuan Penajam-Otak) : Bahannya termasuk tanah kumbang (scarab beetle), potongan jahe, dan empedu armadillo. Efeknya membuat si peminum dapat berpikir lebih jernih.

3. Wolfsbane : Nama lain dari aconite dan monkshood.

4. Wolfsbane Potion (Ramuan Wolfsbane) : Membantu manusia serigala dalam masa transformasinya. Ditemukan oleh paman Marcus Belby (Damocles), yang menerima Order of Merlin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar